Panduan Fitur Shorts di YouTube |
YouTube kini telah meluncurkan fitur baru yang diberi nama YouTube Shorts, yang memungkinkan pengguna membuat dan mengunggah video pendek serupa dengan TikTok. Fitur ini telah tersedia di 100 negara termasuk Indonesia, dan pada Juni 2022, YouTube Shorts telah mencapai 2 miliar penonton setiap bulannya.
YouTube Shorts dilaporkan telah memiliki sekitar 1,5 miliar pengguna aktif bulanan. Fitur ini dipandang bermanfaat secara komersial oleh masyarakat karena memberikan para pembuat konten alat baru untuk menyajikan konten yang berbeda kepada penonton.
YouTube Shorts
YouTube Shorts adalah fitur terbaru dari platform video YouTube yang memungkinkan pengguna untuk membuat video vertikal dengan durasi antara 15-60 detik, bahkan lebih, dan menjadi cara baru untuk mengekspresikan diri. Menurut pernyataan resmi dari platform YouTube, fitur YouTube Shorts berfokus pada tiga aspek utama, yaitu menciptakan, menemukan, dan menonton konten.
Perbedaan Shorts dan Stories
Perbedaan antara YouTube Shorts dan YouTube Stories terlihat dari cara interaksi dengan penonton. Video yang diunggah di YouTube Shorts akan tetap ada dan tidak akan hilang, sementara video yang diunggah di YouTube Stories akan hilang setelah tujuh hari. Untuk menggunakan YouTube Stories, subscriber harus mencapai 10.000, sedangkan untuk YouTube Shorts tidak ada persyaratan khusus.
Pengguna
Para kreator di YouTube Shorts memiliki kesempatan untuk mengekspresikan diri dan berbagi informasi dan interaksi dengan penonton mereka. Mereka dapat memanfaatkan fitur ini sebagai sarana untuk membangun bisnis dan memasarkan produk mereka. Selain kreator, ada juga penonton yang menikmati karya para kreator di YouTube Shorts.
Pengaksesan
Fitur YouTube Shorts dapat diakses melalui platform YouTube dan dapat digunakan oleh pengguna melalui browser pada komputer atau laptop, atau dengan mengunduh aplikasi YouTube pada perangkat seluler. Di halaman utama YouTube, fitur Shorts dapat ditemukan dengan mengklik tiga garis sebelah kiri dan memilih opsi "Shorts". Pada perangkat seluler, fitur ini terletak di bawah layar aplikasi YouTube.
Membuat Konten Video
Terdapat beberapa cara untuk membuat video pada fitur YouTube Shorts yang dapat diimplementasikan oleh kreator konten sesuai dengan kreativitasnya. Perbandingan rasio video pada YouTube Shorts adalah 9:16. Selain judul, emoji, thumbnail khusus, dan penggunaan tagar pada konten dapat ditambahkan oleh kreator YouTube Shorts.
Berikut adalah panduan langkah demi langkah dalam membuat dan mengunggah video pendek ke YouTube Shorts:
- Buka YouTube pada perangkat gawai atau laptop, kemudian pilih opsi "buat shorts baru".
- Jika menggunakan perangkat gawai, pastikan untuk memberikan izin akses terlebih dahulu sebelum melanjutkan pembuatan video Shorts.
- Selanjutnya, unggah video yang sudah dibuat sebelumnya atau gunakan opsi "buat" dari fitur YouTube Shorts untuk membuat video secara langsung.
Syarat Monetisasi
Dilaporkan bahwa mulai Februari 2023, pengguna dan pembuat konten di YouTube Shorts dapat menghasilkan uang melalui iklan dari Google Adsense dengan bergabung dalam program kemitraan YouTube (YPP).
Namun, untuk bergabung dalam program ini, kreator harus memenuhi persyaratan, yaitu memiliki 1.000 pelanggan, mencapai 4.000 jam waktu tayang dalam 12 bulan, dan mencapai 10 juta penonton dalam 90 hari pada tampilan YouTube Shorts.
Selain Google Adsense, banyak sponsor atau endorser tertarik untuk bekerja sama dengan kreator jika konten video mereka menarik untuk mempromosikan produk atau bisnis.
Tips Ramai Pengunjung
Berikut beberapa tips untuk meningkatkan pengunjung (penonton) di YouTube Shorts:
- Buatlah niche (topik) yang menarik dan bermanfaat
- Gunakan judul yang menarik
- Tambahkan deskripsi dan tag yang relevan
- Buatlah video konten yang berdurasi efektif
- Bagikan konten Anda di platform media sosial
- Pastikan kualitas video konten Anda baik
- Jadwalkan waktu unggahan video konten secara teratur
- Tetap up to date dengan perkembangan terbaru di YouTube Shorts
- Lakukan kerja sama dengan kreator lain untuk saling mendukung.
Kesimpulan
Dalam upaya untuk memperluas fitur ini, YouTube telah memperkenalkan beberapa perbaikan dan tambahan seperti dukungan monetisasi melalui program kemitraan YouTube dan rekomendasi video Shorts di beranda pengguna. Dengan demikian, Fitur YouTube Shorts memberikan kemungkinan baru bagi kreator konten untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan membangun komunitas penggemar yang lebih besar di platform ini.